Andai Liverpool Juara, Apakah Chelsea Akan Dapat Tiket ke Liga Champions Musim Depan?

Andai Liverpool Juara, Apakah Chelsea Akan Dapat Tiket ke Liga Champions Musim Depan?

Liga Champions – Setiap musim, juara Liga Champions akan mendapat satu tiket otomatis ke babak grup Liga Champions musim berikutnya.

Final Liga Champions musim ini akan mempertemukan wakil Spanyol, Real Madrid, dengan Liverpool dari Inggris.

Di kompetisi Liga Inggris, Liverpool mengakhiri musim di peringkat keempat klasemen, unggul lima angka dari Chelsea di peringkat kelima.

Untuk musim depan, Liga Inggris berhak mengirimkan empat wakil yang akan langsung berlaga di babak grup Liga Champions.

Artinya, jika Liverpool berhasil mengalahkan Real Madrid dan menjadi juara musim ini, tim berjuluk The Reds akan mendapatkan dua tiket Liga Champions musim depan, sebagai juara bertahan sekaligus dari kompetisi Liga Inggris.

Andai demikian, apakah satu tiket tersisa ini akan berpindah tangan kepada Chelsea sebagai peringkat kelima Liga Inggris?

Jawabannya adalah tidak.

UEFA dari awal sudah membuat peraturan tentang hal ini.

Andai juara Liga Champions sudah lolos dari jalur kompetisi domestik, maka satu tiket tersisa akan diberikan kepada juara liga dari asosiasi tertinggi yang belum lolos langsung ke babak grup.

Tahun ini jatah tersebut akan jatuh kepada Liga Republik Ceska.

Liga Republik Ceska tahun ini menempati posisi ke-11 dari liga-liga Eropa, dimana 10 liga di atas mereka sudah mendapat jatah langsung lolos ke babak grup (Spanyol, Jerman, Inggris, Italia, Prancis, Rusia, Portugal, Ukraina, Belgia, dan Turki).

Cerita berbeda andai Liverpool musim ini juara namun berada di peringkat kelima Liga Inggris dan Chelsea di peringkat keempat.

Jika itu yang terjadi, maka musim depan Liga Inggris akan memiliki lima wakil di Liga Champions.

Karena kedua finalis musim ini, Real Madrid dan Liverpool, sudah lolos ke Liga Champions musim depan lewat jalur domestik, artinya juara Liga Republik Ceska sudah pasti akan menempatkan satu wakil di babak grup musim depan.

Dengan dua laga tersisa, kini Victoria Plzen masih memimpin klasemen Liga Republik Ceska 60 poin dan kemungkinan besar akan meraih juara karena berjarak tujuh poin dari Slavia Praha yang menyisakan tiga laga lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *