BAZNAZ dan UNRWA kerja sama bantu rakyat Palestina

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dan United Nations Relief and Works Agency for Palestine Refugees in the Near East (UNRWA) menandatangani perjanjian kerjasama untuk memberi bantuan dan perlindungan bagi rakyat Palestina.

Penandatanganan perjanjian kerja sama itu dilakukan di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Jakarta Pusat, Selasa (16/10).

Acara ini dihadiri Wakil Ketua BAZNAS, Dr Zainulbahar Noor dan pimpinan UNRWA serta Menteri Luar negeri Retno Marsudi.

Dr. Zainulbahar Noor mengatakan, kerja sama ini berfokus pada permasalahan pengungsi Palestina yang rentan dan bergantung kepada bantuan UNRWA untuk memenuhi kebutuhan dasar mereka.

“BAZNAS berkomitmen untuk membantu rakyat Palestina, seperti para pengungsi yang saat ini berada dalam perlindungan UNRWA.

Jumlah pengungsi yang terdaftar sekitar lima juta jiwa tersebar di daerah Yordania, Libanon, Suriah, Tepi Barat, dan Jalur Gaza,” katanya.

Ia menambahkan, dalam hal ini BAZNAS akan melakukan penggalangan dana bantuan untuk rakyat Palestina di Indonesia, selama dua tahun kerjasama, dan dari dana yang terhimpun setiap enam bulan dan akan diserahkan kepada UNRWA untuk mendukung program-programnya, khususnya di bidang pendidikan dan kesehatan.

“Bentuk dukungan dari BAZNAS terdiri dalam bentuk promosi kampanye di Indonesia dan memberikan kontribusi kepada UNRWA setiap enam bulan untuk mendukung program kerja,” kata Dr. Zainulbahar Noor yang juga pernah menjabat sebagai Dubes RI untuk Yordania dan Palestina ini.

Dukungan kepada rakyat Palestina terus dijalankan oleh BAZNAS. Program dukungan tersebut telah disalurkan melalui lembaga lokal dan internasional, berupa kebutuhan pokok seperti makanan dan minuman hingga bantuan pembangunan gedung sekolah dan perawatan medis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *