Beginikah Tampilan Mobil Balap F1 di 2019?

Musim balap Formula 1 2018 dianggap cukup menyulitkan beberapa pembalap. Hal ini lantaran para pembalap dianggap tak lagi mampu saling salip menyalip seperti beberapa tahun lalu.

Berlatar masalah tersebut, kini tim khusus mengenai mobil balap F1 sedang melakukan kajian yang di bawahi mantan principal Ferrari yang kini menjadi bos di Mercedes, Ross Brawn.

Dilansir Motorsport, Brawn telah menganalisisnya dan telah menyiapkan beberapa solusi yang bakal diajukan ke penyelenggara F1 untuk musim 2019 mendatang.

Nantinya akan ada perubahan pada desain mobil. Misalnya seperti sayap depan yang lebih lebar dan sederhana, rem depan lebih rapi, membuang winglet kecuali yang dekat dengan lubang aero. Serta sayap belakang dibuat lebih besar dan dalam tanpa kisi-kisi di bagian endplate.

Banyak perubahan itu dipercaya bisa membuat mobil lebih efisien terkait BBM, karena maksimal BBM yang dibawa 110 kg.

Selain itu, pada bagian kursi juga dirancang agar membuat pengendara di dalamnya lebih mudah bermanuver karena bobotnya lebih ringan.

Desain

Hasil gambar untuk tampilan mobil f1 2019

Dalam sebuah animasi yang dibuat Giorgio Piola, inti dari usulan peraturan baru ini adalah menyederhanakan sayap depan. Dengan begitu, aerodinamis yang hilang akibat dari sayap akan berkurang, memudahkan pengemudi untuk bisa saling mendekat dan membalap.

Nantinya tak ada lagi cascade berlapis, seperti sirip huruf ‘R’, karena dapat mengurangi hambatan yang berasal dari ban depan. Hal ini pula yang membuat para desainer akan memutar otak untuk melakukan inovasi baru.

Penyederhanaan rem depan tentunya juga dilakukan bersamaan dengan perubahan sayap depan. Hal ini agar saluran rem dapat digunakan sebagai perangkat aerodinamika tambahan.

Selain itu tak ada lagi blown axle yang ini masih terlihat pada mobil Ferrari SF71H, Red Bull RB14, Haas VF-18, McLaren MCL33, dan Force India VJM11.

Tak ada lagi as roda yang terbawa seperti saat ini ada pada Ferrari SF17H, Red Bull RB 14, Haas VF-18, McLaren MCL33 dan Force India VJM11.

Selain itu, sayap belakang mobil di desain akan menjadi lebih tinggi, lebar, dan sederhana, sehingga area permukaan belakang akan menghasilkan donwforce serta mengubah rasio flap atas. Drag Reduction System (DRS) juga menjadi lebih kuat.

Inilah sekiranya gambaran bagaimana mobil F1 tahun 2021 mendatang. Diharap dengan adanya beberapa perubahan maka sajian balap F1akan menarik lagi.

22 Comments on “Beginikah Tampilan Mobil Balap F1 di 2019?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *