Bertema Fury Dragon, inilah pemenang Honda CBR250RR Virtual Modification Challenge

Lomba modifikasi virtual sepeda motor Honda CBR250 RR mencapai puncaknya semalam (1/11) di pameran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018 di Jakarta Convention Center (JCC).

Ada tiga pemenang dan satu juara favorit yang dipilih dari 10 finalis, yang disaring dari sekitar 3.900 peserta.

Juara pertama lomba ini diraih oleh Muhaimin Firdaus (22). Anak muda ini berhak atas trofi dan hadiah uang senilai Rp 10 juta.

Sementara juara dua dan tiga diraih oleh Suryanto Busono dan Hans Tedja Kusuma. Selain itu, hasil modifikasi juara pertama direaliasikan di motor besar Honda CBR250 RR dan dipajang di booth Honda selama event IMOS 2018.

Agustinus Indraputra, General Manager Marketing Planning and Analysis Division PT Astra Honda Motor (AHM), mengaku surprise dengan jumlah peserta yang mendekati 4 ribu peserta.

“Haparan kami, lomba ini bisa mendorong modifikator Indonesia terus tampil dan AHM siap mendukungnya,” ujar A Indraputra saat pengumuman pemenang semalam.

Hidayat Priyo Wibowo, anggota dewan juri dan modifikator roda dua dari Yayack Retro Syndicate, mengaku kesulitan menyeleksi banyaknya peserta.

Agar juri lebih fokus, 3.900 peserta pun diseleksi untuk mencari 30 gambar. Kemudian dari 30 gambar itu diseleksi lagi untuk mencari 10 finalis.

Kriteria penjurian ada beberapa aspek; konsep modifikasi, tema, orisinalitas, kreativitas, pewarnaan, dan konsep desain secara keseluruhan.

“Menariknya, lomba ini ternyata diikuti oleh banyak profesi. Ini menandakan modifikasi disukai banyak kalangan,” ungkap dia.

Selain Hidayat Priyo Wibowo, dewan juri lomba ini adalah Den Dimas dan Alitt Susanto.


lomba modifikasi honda cbr250 2018

Desain juara: Fury Dragon

Juara I lomba yang pertama kali diadakan oleh AHM ini memikiki tema modifikasi “Fury Dragon”. Sosok naga yang dikenal sebagai hewan buas di mitologi Jepang menjadi sentral desain karya Muhaimin Firdaus.

Honda CBR250 RR Black Freedom yang menjadi ‘kanvas’-nya tampak semakin garang dan sporty, yang bisa dilihat di panggung booth Honda selama IMOS 2018.

Muhaimin Firdaus mengaku senang bisa menjadi juara pertama ini. Ide naga yang sentral di desainnya diilhami sosok hewan mitologi Jepang yang agresif, sesuai dengan karakter motor CBR250 RR.

“Jadi saya mengibaratkan motor itu hewan naga yang agresif. Ide ini diimplementasikan setelah riset sekitar 10 hari termasuk mempelajari tato naga yang banyak dipakai Yakuza,” ujar anak muda yang tinggal di Bintaro, Tangerang Selatan ini.

Muhaimin membutuhkan waktu empat hari untuk menyelesaikan desainnya. Mulai dari membuat sketsa hingga desain akhir.

Lomba CBR250RR Virtual Modification Challenge 2018 ini dimulai 17 September-16 Oktober 2018. Total ada 3.9001 peserta yang berasal dari berbagai kalangan.

Di lomba ini, para peserta diperbolehkan menggunakan beragam software desain yang dikuasai dan wajib menggunakan materi yang disedikan melalui website resmi: CBR250RRVirtualModifChallenge.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *