Berita Harian Terupdate | motivasi

DPRD DKI rombak dana operasional buat RT 1,5 juta & RW Rp 2 juta

Haoer365.com – Komisi A DPRD DKI Jakarta menggelar rapat tentang usulan kenaikan dana operasional RT RW. Rapat digelar atas permintaan Plt Gubernur DKI Jakarta Sumarsono, mengusulkan adanya kenaikan dana operasional RT RW.

“Ada usulan dari Plt Gubernur kepada DPRD untuk menaikkan operasional RT RW. Memang dalam reses pun kami ke masyarakat yang dihadiri RT RW selalu mereka minta kepada kami dari dewan untuk bisa dinaikan,” kata Wakil Ketua Komisi A, Petra Lumbun di DPRD DKI Jakarta, Kamis (2/2).

Petra menuturkan, dana operasional diperuntukkan RT sebesar Rp 925.000 setiap bulannya. Dalam rapat tersebut disebutkan diperkirakan dana tersebut akan dinaikkan menjadi Rp 1,5 juta untuk RT dan Rp 2 juta untuk RW.

Petra tak bisa menyebutkan bahwa kenaikan warga tersebut tidak bisa dikatakan relatif wajar atau tidaknya. Sebab yang bisa menilai hal tersebut adalah lembaga keuangan daerah .

“Kalau cukup ya bisa lebih lagi, kita kan harus lihat kebutuhan lain. Kan RT RW memang tenaga sosial ya, jadi ini bukan untuk RT RW personnya, tapi kegiatan, administrasi, harus bikin laporan dan sebagainya,” tutur Petra.

Atas rencana tersebut pun DPRD tentunya akan setuju dengan kenaikan dana operasikan tersebut. Namun selebihnya akan kembali membahas dalam rapat komisi A selanjutnya. “Pak Plt juga disesuaikan dengan kemampuan anggaran daerah karena kami kan belum menganggarkan. Akan kami bahas dulu,” sambungnya.

Terkait sumber dana rencana kenaikan dana operasional tersebut akan diusulkan dalam APBD-P agar memiliki payung hukum yang jelas. Tentunya ini juga akan dibahas dengan gubernur definitif.

“Nanti akan kita bicarakan juga dengan Pak Gubernur definitif. Ada beberapa opsi tadi yang dijelaskan bappeda nanti kami akan pertimbangkan, selain biaya tak terduga, pakai APBd perubahan,” terangnya.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *