Dua Wasit Liga 1 Dihukum, Diharap Jadi Pembelajaran buat Wasit Lain

Dua Wasit Liga 1 Dihukum, Diharap Jadi Pembelajaran buat Wasit Lain

Indonesia – Baru dua pekan Liga 1 2018 bergulir, Komite Wasit PSSI sudah menghukum dua orang wasit. Hukuman itu diharap bisa jadi pembelajaran buat wasit-wasit lain.

Maulana Nugraha menjadi wasit pertama yang dihukum oleh Komite Wasit. Hukuman yang dijatuhkan kepadanya berupa sanksi tidak boleh memimpin laga Liga 1 selama sebulan.

Ia dinilai kurang tegas dalam mengambil keputusan saat menjadi pengadil laga di laga Bali United vs PSMS Medan pada 24 Maret lalu. Saat itu Maulana kurang tepat mengambil keputusan saat Nick Van der Velden melakukan terjangan kepada Sadney Urikhob.

Wasit kedua yang mendapatkan hukuman adalah Tri Wahyudi. Dia menjadi asisten wasit satu yang bertugas saat PSMS menjamu Bhayangkara FC pada pekan lalu.

Tri kurang cermat ketika tidak mengangkat bendera tanda offside dan mengesahkan gol Herman Dzumafo. Dari tayangan ulang, posisi Dzumafo memang berada di posisi offside. Pada laga tersebut, PSMS harus mengakui keunggulan Bhayangkara FC dengan skor 1-2.

“Untuk wasit Maulana seharusnya ada tindakan yang lebih tegas, karena itu membahayakan harusnya bisa dapat kartu merah. Artinya, Hukuman ini jadi pelajaran juga buat wasit yang lain,” kata Purwanto, anggota komite wasit, saat dihubungi, Kamis (5/4/2018).

“Terus terang kami ingin semua wasit bertindak fair. Maka itu hukuman dijalankan sebagai efek jera agar ke depannya lebih baik lagi dan meminimalisir kesalahan,” timpal Ketua Departemen Wasit PSSI Ngadiman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *