Gali tanah cari cacing, Anang dan Sabri temukan granat

Murkan alias Anang (55) dan Sabri (46), warga Jalan Belitung Darat RT 11 RW 01 Kelurahan Kuin Cerucuk, Kecamatan Banjarmasin Barat menemukan granat nanas saat mencari cacing untuk pakan ikan.

Tim Gegana Sat Brimob Polda Kalsel kemudian melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) terkait temuan granat nanas tersebut.

“Olah TKP dilakukan Unit Gegana pada Sabtu siang sekitar pukul 11.30 WITA,” kata Pelaksana Harian Kapolsekta Banjarmasin Barat AKP Sony L Gaol di Banjarmasin, Sabtu (27/10).

Kejadia bermula saat kedua warga tersebut mencari cacing, Jumat (26/10) sore, sekitar pukul 18.00 WITA. Keduanya menggali tanah menggunakan linggis di Jalan Belitung Darat Gang Inayah RT 35 Kelurahan Kuin Cerucuk, Kecamatan Banjarmasin Selatan tepatnya di areal PT Sinar Alam.

Tak lama menggali, linggis membentur sebuah benda keras. Saat itu Murkan tidak tahu kalau benda itu adalah granat, kemudian granat itu diangkat dan dibersihkan setelah itu diserahkan kepada Sabri untuk disimpan.

Pada Sabtu (27/10) pagi, sekitar pukul 09.00 WITA, granat dibawa Sabri ke tepi jalan raya untuk memberitahukan kepada masyarakat terkait temuan mereka itu.

Tidak beberapa lama terdengar informasi dan anggota Polsekta Banjarmasin Barat langsung melakukan pengecekan.

“Kami langsung menghubungi pihak Unit Gegana Sat Brimob Polda Kalsel untuk penanganan sesuai fungsi dan kewenangannya terkait temuan itu,” ucap pria yang juga menjabat sebagai Wakasat Reskrim Polresta Banjarmasin itu.

Kapolsekta juga mengatakan setelah usai olah TKP, granat nanas itu dibawa ke Markas Sat Brimob untuk dilakukan penguraian guna mengetahui apakah granat masih aktif atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *