Ini Teknologi Baru Mazda3 untuk Lawan Civic dan Corolla Altis

Ini Teknologi Baru Mazda3 untuk Lawan Civic dan Corolla Altis

Otomotif – Generasi terkini dari Mazda3 telah beredar sejak 2013, dengan menjadi salah satu pelopor dari model Mazda yang menggunakan bahasa desain Kodo: Soul of Motion. Jelang lahirnya generasi keempat, Mazda3 mulai memperlihatkan sedikit ‘printilan’ yang akan dimilikinya.

Serangkaian foto beredar menunjukkan satu komponen baru untuk Mazda3, yakni panel instrumen yang semakin canggih dan modern. Teknologi ini mungkin akan menjadi yang pertama kali untuk dipakai pada produk Mazda.

Foto-foto yang dilansir oleh PCAuto tersebut menunjukkan bahwa panel instrumen Mazda3 mengadopsi model digital penuh. Kemungkinan komponen tersebut menggunakan teknologi layar LCD seperti yang telah diaplikasi pada sejumlah pabrikan premium asal Eropa.

Penunjuk informasi kepada pengemudi itu sama sekali tidak menyisakan komponen analog dari Mazda3 generasi saat ini. Ditunjukkan, panel instrumen bisa menampilkan grafis berbeda-beda, menyesuaikan mode mengemudi yang dipilih oleh pengemudi.

Salah satu foto menunjukkan speedometer dan tachometer bersisian dengan dimensi serupa, sementara foto lainnya menunjukkan satu lingkaran besar tachometer di bagian tengah dengan informasi speedometer berupa tampilan angka di dalam ilingkaran tersebut.

Selain panel instrumen, foto dari unit Mazda3 yang sedang diuji tersebut juga memperlihatkan bahwa desain lingkar setir tidak mengalami perubahan. Bisa jadi unit Mazda3 yang digunakan adalah unit generasi saat ini untuk keperluang pengujian panel instrumen saja.

Belum bisa dipastikan apakah komponen baru tersebut akan hadir pada Mazda3 generasi baru atau hanya facelift. Mazda Motor Company sendiri hingga saat ini belum memberikan informasi kapan Mazda3 terbaru akan dihadirkan.

Yang jelas, saat lahir generasi barunya nanti, Mazda3 akan banyak sangat terpengaruh desainnya dari konsep Mazda Kai sekaligus mengantarkan debut teknologi mesin SkyActiv-X. Di kelasnya, Mazda3 berhadapan dengan Honda Civic dan Toyota Corolla.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *