Jelang musim hujan, Pemprov DKI lakukan antisipasi banjir

Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta menyatakan saat ini terus melakukan beragam upaya untuk mencegah terjadinya genangan maupun banjir selama berlangsungnya musim hujan.

“Langkah-langkah yang sifatnya antisipatif terus kami lakukan. Dengan begitu, banjir atau genangan air bisa diantisipasi lebih dulu,” kata Kepala Dinas SDA DKI Teguh Hendarwan seperti dilansir dari Antara, Sabtu (26/10).

Menurut dia, Dinas SDA DKI Jakarta juga telah mengerahkan Pasukan Biru untuk membersihkan sampah-sampah yang ada di saluran air dan sungai yang tersebar di wilayah ibu kota. Dengan demikian, hasilnya diharapkan maksimal.

“Pasukan Biru yang ada di 44 wilayah kecamatan sudah diinstruksikan untuk melakukan pembersihan sampah. Selain itu, kami juga melakukan perbaikan, pemeliharaan dan perawatan saluran air dan sungai secara rutin,” ujar Teguh.

Lebih lanjut, dia mengatakan, memasuki musim hujan, pihaknya juga terus melakukan koordinasi dan sinergi secara intensif dengan beberapa kota mitra DKI Jakarta, di antaranya Bogor, Depok dan Tangerang.

“Kami optimistis genangan air ataupun banjir pada tahun ini akan jauh lebih berkurang dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, karena ada banyak upaya yang kami lakukan untuk mencegah genangan air dan banjir itu supaya tidak muncul,” ungkap Teguh.

Sementara itu, dia menambahkan Dinas SDA DKI Jakarta telah melaksanakan pekerjaan berupa pengerukan sebanyak 14 waduk,

situ dan embung yang ada di wilayah DKI Jakarta terhitung sejak awal Oktober 2018.

Beberapa waduk, situ dan embung yang telah dikeruk itu, antara lain adalah Waduk Kampung Rambutan 1 dan 2, Waduk Pondok Rangon, Waduk Cilangkap, Waduk Giri Kencana, Waduk Cimanggis, Waduk Jalan Kaja, Waduk Jalan Kaja II, Waduk Pekayon, Setu Babakan, Situ Rawa Minyak dan Embung Aselih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *