MotoGP: FIM Gelar Kampanye Keselamatan di Sirkuit Red Bull Ring

marquez

Federasi Sepeda Motor Internasional (FIM) meluncurkan kampanye keselamatan di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, jelang balapan seri 11 di Grand Prix Austria. Acara ini mendapatkan dukungan dari Dorna Sports selaku operator MotoGP, dan Komisi balap Eropa.

Kampanye keselamatan ini turut dihadiri sederet pembalap di kelas MotoGP. Mereka adalah Andrea Iannone (Suzuki), Marc Marquez (Repsol Honda), Jack Miller (Ducati), Jorge Lorenzo (Ducati Corse), dan Johann Zarco (Tech3). FIM berharap dengan adanya kampanye yang disaksikan langsung oleh media internasional bisa meningkatkan kesadaran tentang keselamatan di jalan.

Kampanye bertajuk ‘We, The Riders’ ini merupakan ajakan untuk meminimalisir kecelakaan di jalan raya. Ini merupakan gerakan baru pengendara motor yang bertanggung jawab dari seluruh dunia, yang semuanya berbagi kegembiraan untuk perubahan.

FIM menjelaskan statistik angka kecelakaan tahun ini masih cukup besar, karena itu perlu adanya gerakan untuk mengubah dan itu hanya akan berubah jika semua pengendara sepeda motor berkumpul tidak untuk mengampanyekan masalah ini. Tujuan dari gerakan ini cukup sederhana yakni untuk memenangkan kehidupan yang lebih baik dan lebih aman di jalan bagi semua orang. Untuk melakukan itu, maka perlu kesadaran dari semua pihak.

Komentar Presiden FIM

Selama lebih dari 100 tahun, FIM telah mewakili kepentingan pengendara sepeda motor – baik di dalam maupun di luar lintasan balap. Setiap hari, kecelakaan lalu lintas menimpa hampir 3.500 jiwa dan melukai ribuan orang. Data statistik menyebut 23 persen nyawa hilang disebabkan sesama pengendara,” kata Vito Ippolito selaku Presiden FIM dikutip dari laman resmi MotoGP, Sabtu (11/8/2018).

“Di FIM, kami tidak memiliki semua jawaban dan masih banyak yang harus dilakukan. Itulah mengapa kami meluncurkan gerakan yang diberi nama ‘We, The Riders’ karena kami mengenali potensi perubahan yang didukung oleh orang-orang, kekuatan jaringan individu dengan sesuatu yang sama untuk menciptakan perubahan nyata di dunia dan meningkatkan keselamatan di jalan,” tambahnya.

Keselamatan Jadi Prioritas

Di bagian yang sama, Carmelo Ezpeleta selaku CEO Dorna, mengatakan keselamatan pembalap di dalam maupun luar lintasan balap adalah prioritas utama. Jadi Dorna sangat bangga mendukung inisiatif penting ini.

“Kampanye bertujuan untuk meningkatkan kesadaran para pengguna jalan bagaimana memerhatikan semua orang yang berbagi jalan dengan mereka. Para pembalap yang terlibat di Kejuaraan Dunia selalu berbagi jalan atau mementingkan keselamatan, jadi kami berdiri di FIM pada gerakan ini yang sangat dekat dengan hati kami,” imbuh Ezpeleta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *