MotoGP San Marino: Manajer Michelin Berharap Cuaca Bersahabat

jorge lorenzo honda

Manajer Michelin Piero Taramasso berharap cuaca di Italia lebih bersahabat ketika para pembalap bersiap menjalani balapan MotoGP San Marino, akhir pekan ini. Pemasok ban di kejuaraan grand prix mengklaim itu sudah menyediakan senyawa pada ban untuk mengatasi masalah di Sirkuit Misano.

Taramasso memaparkan lintasan sepanjang 4,2 km ini memiliki total 16 tikungan dengan enam kiri serta 10 belokan kanan. Tata letaknya memadukan bagian yang cepat dan aspal rata-rata abrasi.

Untuk mengatasi tuntutan itu, teknisi Michelin Clermont-Ferrand telah menyediakan ban depan dengan konstruksi simetris di MotoGP San Marino. Sementara bagian sisi kanan asimetris yang lebih keras. Ban slicks akan tersedia sebagai senyawa lunak, sedang, dan keras, seperti biasa.

Michelin juga sudah menyiapkan antisipasi jika kondisi lintasan di Sirkuit Misano diguyur hujan. Nantinya, para pembalap di tiga kelas berbeda dapat menggunakan ban lunak dan sedang dengan konstruksi simetris di bagian depan. Sedangkan solusi belakang akan ekstra lunak dan lembut (asimetris yang terakhir).

Siap Penuhi Tuntutan

Setelah semua yang terjadi di Silverstone dan di sini di Misano tahun lalu, kami berharap untuk cuaca yang lebih baik di Italia minggu ini,” kata Taramasso seperti dikutip dari GPOne, Rabu (5/9/2018).

“Misano adalah trek yang menuntut dapat menciptakan suhu cukup tinggi dari karet, terutama pada ban depan karena motor menghabiskan banyak waktu. Jadi kita perlu memiliki senyawa yang memenuhi tuntutan ini,” tambahnya.

Cuaca Buruk

“Pada 2016, kami memiliki kinerja yang sangat mengesankan di sini. Karena itu, kami berharap untuk meningkatkannya pada 2017, tapi cuaca memiliki ide lain, yang mengatakan bahwa ban hujan berkinerja sangat baik dalam kondisi cukup sulit pada track grip rendah di basah dan kami melihat balapan yang menarik,” ujar Taramasso.

“Kami berharap bahwa cuaca buruk tidak akan berperan lagi musim ini, tetapi tidak peduli apa pun, kami siap!”

Sekadar informasi, balapan di Sirkuit Misano akan lebih cepat. Jika sebelumnya para pembalap diharuskan melahap 28 lap, kini mereka bisa memangkas waktu dengan hanya 27 lap saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *