Berita Harian Terupdate | motivasi

Pabrik narkoba gorilla di Surabaya digerebek, 1 pelaku sarjana kimia

Haoer365.com – Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya membongkar pabrik pembuatan narkotika tembakau Gorilla terbesar di Indonesia. Empat pelaku diamankan petugas.

Mereka adalah, FR, RY, RF dan WT. Pelaku WT ternyata seorang sarjana kimia yang bertugas mengolah racikan kimia untuk diaduk dengan tembakau gorilla.

“Pabriknya berada di wilayah Surabaya, jadi ini kira-kira kita dapatkan terbesar di Indonesia. Total tembakau gorilla yang disita sekira 4.349 gram,” ujar Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol M Iriawan, di Mapolda Metro Jaya, Jumat (3/2).

Iriawan menjelaskan, keberadaan pabrik terungkap setelah polisi mengamankan seseorang berinisial MY dan menyita 10.520,74 gram tembakau gorilla. Keterangan MY dikembangkan kemudian ditangkap pelaku FR di kawasan Tangerang Selatan. Di tangannya di dapat 517 bungkus paketan narkotika gorilla siap edar.

“Kemudian, setelah pengembangan aparat kembali berhasil menangkap RY dan RF di kawasan Depok dengan barang bukti 114 bungkus gorilla. Lalu, terungkap barang tersebut dibeli dari tersangka MY. Usai MY ditangkap, ternyata tembakau gorilla itu berasal dari pabrik asal Surabaya. Akhirnya, pihak kita melakukan koordinasi dengan Polda Jawa Timur dan pada Kamis 26 Januari berhasil menangkap WT,” bebernya.

Iriawan mengatakan, saat pabrik digerebek turut diamankan bahan baku dan peralatan pembuatan gorilla yang terdiri dari 450 kg tembakau belum diolah.

“WT mengaku sudah membuat gorilla selama setahun terakhir, Harga sebungkusnya isinya 5 gram, harganya Rp 450.000,” ujar Iriawan.

Akibat perbuatannya para pelaku ini dijerat Pasal 114 ayat (2) subsidair Pasal 112 (2) Undang-undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika jo Permenkes RI Nomor 2 Tahun 2017. “Ancaman pidana hukuman mati, penjara seumur hidup dan penjara paling singkat lima tahun dan paling lama 20 tahun,” pungkasnya. [lia]

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *