Pakai Fairing Baru Marquez Takut Geber RC213V

Pakai Fairing Baru Marquez Takut Geber RC213V

Marc Marquez (Repsol Honda) mengutarakan kesannya setelah mencoba langsung fairing bersayap baru pada motornya selama sesi tes pra musim MotoGP 2018 di Sepang, Malaysia. Diakuinya, masih sulit untuk mendapat performa konsisten dengan perangkat tersebut.

Dengan fairing bersayap seperti dipelopori oleh Ducati pada musim lalu itu, Marquez belum bisa mencatat waktu yang konsisten bersama motor Honda RC213V selama dua hari tes.

Disampaikan oleh juara dunia bertahan itu, digunakannya fairing sayap memberi keuntungan dan kerugian tersendiri terhadap performa motor di lintasan.

“Tentu target utama dari fairing baru adalah wheelie, mencoba hentikan wheelie, mencoba dapat downforce lebih, kemudian Anda sedikit kehilangan kecepatan,” kata Marquez.

“Tentu kestabilan pengereman, kalau Anda punya sayap itu, menjadi lebih baik, tapi kemudian saat Anda mulai menikung lebih kencang, motornya, di tikungan kencang juga tampak sedikit lebih sulit.

“Menurut saya dengan fairing baru itu kami perlu menemukan keseimbangan motor yang bagus, karena untuk satu lap saya bisa memacu dengan baik, kencang, tapi untuk kosisten saya takut sedikit membuat ban depan terlalu panas, atau semacamnya.”

Selain Marquez, pebalap Honda lain yang juga menguji fairing baru adalah Dani Pedrosa dan Cal Crutchlow. Masing-masing mengakui adanya manfaat dari perangkat aerodinamika itu.

Sayap fairing menjadi alternatif para tim dan pabrikan mendapat keuntungan aerodinamika pada motor, setelah winglet dilarang digunakan pada akhir 2016.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *