Petr Cech: Masih Oke, tapi Mulai Banyak Bikin Error

Petr Cech: Masih Oke, tapi Mulai Banyak Bikin Error

Petr Cech sudah tak seperti dulu lagi. Kiper asal Republik Ceko itu bisa jadi mulai menuju akhir kariernya. Itu tergambar dari performanya yang terus menurun di Arsenal.
Sempat dikenal sebagai salah satu kiper terbaik di Premier League kala membela Chelsea, Cech tak lagi menonjol di musim ini. Terutama ketika lini belakang Arsenal juga gagal tampil konsisten sepanjang musim.
Cech sudah bermain 25 kali di Premier League musim ini dan kebobolan 34 gol pada periode tersebut. Angka tersebut menjadikan The Gunners sebagai tim dengan jumlah kebobolan paling banyak di antara penghuni enam besar.

Sejauh ini Cech baru membukukan 9 clean sheet, kalah dibanding Ederson Moraes (11 clean sheet / 25 laga), Thibaut Courtois (12 clean sheet / 24 laga), atau David de Gea 14 clean sheet / 25 laga).
Tak hanya soal kebobolan, Cech adalah pemain yang paling banyak melakukan kesalahan berujung gol musim ini ketimbang pemain Premier League lain. Total dia sudah membuat 4 blunder yang berujung bola masuk ke gawangnya.
Refleks Cech sebenarnya masih terbilang solid. Total sudah 52 penyelamatan dia bukukan, unggul atas Moraes (37) dan Courtois (39), namun kalah dari De Gea (75). Cech juga 55 kali menangkap bola, sementara Ederson 46 kali, Courtois 43 kali, dan De Gea 62 kali.

Kecuali kesalahan-kesalahan yang berujung gol, statistik di atas menunjukkan kalau Cech sebenarnya masih bisa diandalkan di bawah mistar gawang. Hanya saja dengan usia yang terus bertambah dan lini pertahanan Arsenal yang rentan (tercatat Arsenal menerima 10,1 tembakan per laga, sementara City 6,6 dan Chelsea 9,8), Cech dapat lebih banyak dapat tekanan di posisinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *