Salip Samsung, pabrikan China ini rilis smartphone lipat canggih

Smartphone layar lipat yang dikembangkan dan telah diberitakan sejak bertahun-tahun lamanya telah terwujud.

Konsep smartphone lipat sudah lama melekat pada merek Samsung. Bagaimana tidak, sudah bertahun-tahun lamanya kita melihat konsep, prototip,

paten, hingga rumor-rumor bertebaran tentang smartphone lipat Samsung. Namun, nampaknya kini Samsung telah didahului.

Bahkan, bukan LG yang mendahuluinya. Seperti yang kita tahu, LG sudah dirumorkan akan merilis smartphone lipat juga di awal 2019.

Menlansir Tekno Liputan6 yang mengutip laman The Verge, Kamis (1/11/2018), perusahaan Tiongkok bernama Royole Corporation yang merilis smartphone layar lipat pertama di dunia.

Smartphone layar lipat yang dimaksud bernama FlexPai. Perangkat ini merupakan smartphone yang lebarnya sebesar tablet yang dapat ditekuk menjadi seukuran notebook.

Dalam sebuah video yang beredar di internet, smartphone ini tak bisa dilipat dengan rata. Dengan demikian, bentuknya masih cukup besar saat dikemas.

Selain itu, perangkat lipat ini juga tampaknya bukanlah versi finalnya. Hal ini karena software smartphone terlihat tidak mulus (tampilan berkedip dan orientasi belum sempurna) ketika layar dilipat.

Spesifikasi FlexPai

Bicara spesifikasi, FlexPai dibekali prosesor Snapdragon seri 8 dan RAM seluas 6GB. Soal harga, ITHome memperkirakan harganya sekitar USD 1.290 (setara Rp 19,5 jutaan).

Perusahaan membuka pre-order untuk smartphone layar lipat besutan Tiongkok ini mulai 31 Oktober 2018 dan rencananya akan mulai dikirimkan pada Desember 2018.

Meski jadi smartphone layar lipat pertama di dunia, kemungkinan perangkat ini bakal segera mendapatkan saingan. Pasalnya, smartphone layar lipat Samsung diperkirakan akan rilis beberapa minggu lagi di konferensi pengembang tahunan Samsung.

Sementara itu, LG maupun Huawei dikabarkan tengah mengembangkan perangkat layar lipat mereka sendiri dan peluncurannya akan dilakukan kemudian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *