Soal ekspor All New Brio, tunggu satu bulan lagi!

All New Honda Brio segera diekspor dari Indonesia. Mobil city car generasi kedua ini rilis global pada Agustus lalu pada pameran GIIAS 2018.

Takayuki Uotani, Business dan Product Planning Director PT Honda Prospect Motor (HPM),

menjelaskan All New Brio memang akan dipasarkan ke luar negeri (ekspor). Namun soal negara tujuan dan jumlahnya masih dalam pembahasan di Honda.

“Tunggu satu bulan lagi, kami akan umumkan soal ekspor All New Brio. Tunggu satu bulan lagi, pleases,” ujar Takayuki Uotani kepada¬†Merdeka.com, yang dijumpai di media test drive All New Brio di Bali, Kamis (18/10).

Kata Uotani, sebagai gambaran awal, All New Brio akan menyasar tiga hingga empat negara di kawasan Asia.

Seperti Filipina dan Thailand. Intiya, pasar ekspor All New Brio adalah negara-negara di regional Asia.

Untuk pasar ekspor, biasanya menjadi domain prinsipal, dan Honda Indonesia hanya sebagai pelaksana dari strategi dan rencana prinsipal ini.

HPM kembali melakukan ekspor, setelah pertama kali mengekspor mobil secara utuh (CBU) lewat model Freed pada 2009.

Namun, pada 2016, HPM menghentikan produksi Honda Freed di Indonesia.

Namun, Honda juga melakukan ekspor komponen alias secara compeletly knock down (CKD), dengan negara tujuan sebagian besar negara Asia, kemudian Meksiko dan Brasil.

Uotani-san baru menjabat di HPM selama tujuh bulan per April lalu.

Sebelum menjadi direktur di Honda Indonesia, Uotani bekerja di Honda Vietnam dan China. Total 20 tahun Uotani sudah bekerja di pabrikan otomotif Honda.

Jonfis Fandy, Marketing and Aftersales Service Director HPM, sebelumnnya mengatakan Honda Brio generasi kedua akan diekspor ke sejumlah negara.

Rencana ekspor ada, nanti kita kasih tahu. Negara tujuannya belum bisa kami informasikan, di sana belum clear.

Kami ingin memastikan karena kami adalah leader di mobil ini, kami melakuakn survei di Indonesia matoritasnya di sana, tapi kami ingin memastikan kualitas internasional tetap bisa dipakai, ujar Jonfis.

Generasi kedua dari Honda Brio ditawarkan dalam lima varian, yang terdiri dari tipe All New Honda Brio Satya E M/T, All New Honda Brio Satya E CVT, All New Honda Brio RS M/T, dan All New Honda Brio RS CVT.

Sedangkan pilihan warna eksterior tersedia dalam tujuh warna, antara lain Taffeta White, Lunar Silver Metallic, Modern Steel Metallic, Crystal Black Pearl, Rallye Red dan Carnival Yellow.

All New Honda Brio hadir dengan desain lebih sporty, serta mengalami penyempurnaan di berbagai aspek, seperti memperluas ruang bagasi hingga 90 mm untuk menyediakan kapasitas yang lebih besar, dan juga memperpanjang jarak sumbu roda hingga 60 mm untuk menciptakan ruang duduk belakang yang lebih besar.

Desain pintu belakang juga diubah menjadi model Tailgate, berbeda dengan tampilan generasi sebelumnya.

Untuk mesinnya, All New Brio menggunakan mesin 1.2 L i-VTEC 4 silinder yang telah disempurnakan.

Penyempurnaan yang dilakukan salah satunya mengembangkan teknologi i-VTEC dengan katup tunggal dalam kisaran rpm rendah sehingga mesin akan mendapatkan satu intake Valve per-silinder.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *