Sukses di Xpander, Mitsubishi gagal total di city car Mirage

Sangat sukses di small MPV Xpander, tapi Mitsubishi gagal di mobil kota Mirage. Ya, tahun ini merupakan tahun terakhir city car ini mengaspal di aspal Indonesia. Karena per 2019 Mitsubishi Mirage tidak lagi dijual di Indonesia.

Irwan Kuncoro, Direktur Penjualan dan Pemasaran PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), membenarkan tahun ini merupakan tahun terakhir penjualan mobil yang diimpor secara utuh (CBU) dari Thailand ini.

“Ya, tidak dijual lagi di Indonesia. Hingga Desember, kami hanya menjual Mirage yang masih ada stok di diler,” ujar Irwan yang dijumpai saat meresmikan diler kendaraan penumpang Mitsubishi di Probolinggo, Jawa Timur, kemarin (30/10).

Secara global, Irwan menjelaskan, dihentikannya penjualan Mirage di Indonesia, terkait dengan direction Mitsubishi Motors Corporation (MMC).

Menurut arahan MMC soal pengembangan produk ke depan, Mitsubishi Motors akan fokus pengembangan produk ke sport utility vehicle (SUV), mobil listrik atau electric vehicle (EV), dan sistem.

Meski masih terbuka pengembangan mobil kecil, yang di Jepang disebut Kei Car.

“Kami punya kei car di Jepang. Tapi memang masing-masing pasar berbeda, sesuai dengan permintaan konsumen. Maka itu, Mitsubishi Indonesia fokus ke small MPV Xpander dan SUV Pajero Sport,” katanya.

Irwan menegaskan sangat mungkin ke depan Mitusbishi mengembangkan mobil kecil, alias tidak terbatas ke segmen SUV dan MPV saja.

Michimasa Kono, Direktur Sales dan Marketing MMKSI, menambahkan Mirage tidak dapat bersaing di segmennya karena harga jualnya terlalu mahal.

Ini bisa dimaklumi lantaran mobil bermesin 1.200 cc ini diimpor secara CBU dari Thailand. Padahal di segmennya sangat sensitif terhadap harga, dan kompetitornya banyak tapi dengan harga lebih murah,

seperti Honda Brio, Daihatsu Sirion, dan Suzuki Ignis.

Menurut laman Mitsubishi Indonesia, harga jual Mirage mulai Rp 173 juta untuk varian terendah (GLX), sedangkan varian tertinggi (Exceed) Rp 197,5 juta.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), total penjualan Mirage hanya 260 unit per Septeber tahun ini dari tiga varian; Exceed, GLX, dan GLS. Model ini hanya terjual di periode Januari-Maret tahun ini, setelah itu Mirage nihil penjualan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *